Kami mengucapakan terima kasih pada Ellyana Linden (github , LinkedIn)  untuk terjemahan ini. Click here for English.


Saat ini, aplikasi-aplikasi COVID-19 dibuat di seluruh dunia untuk menolong masyarakat dunia mengurangi ancaman ekonomi dan epidemik yang kita hadapi.

Privasi data merupakan aspek yang krusial untuk aplikasi-aplikasi tersebut. Tidak hanya privasi merupakan hak asasi manusia, tetapi juga diperlukan untuk membangun kepercayaan – dan berikutnya kepatuhan – di aplikasi COVID-19.

OpenMined adalah suatu komunitas yang terdiri dari 7.300+ insinyur, peneliti, penulis dan developer, yang didedikasikan untuk menurunkan hambatan untuk memulai (barrier-to-entry)  mempelajari teknologi AI di bidang privasi dengan menyediakan kode pemrograman open-source and pendidikan gratis.

Kami memberikan nasihat teknis, kode pemrograman open-source, dan support di Slack untuk membantu developer aplikasi di seluruh dunia untuk melindungi privasi pengguna.


Beberapa minggu terakhir, kami mengamati cepatnya pembuatan aplikasi mobile dan web bersamaan dengan infrastuktur data untuk pemantauan dan perlambatan penyebaran COVID-19 di seluruh dunia. Semuanya bertujuan untuk meminimalkan penyebaran penyakit yang secara bersamaan akan meminimalkan dampak penyakit ini ke bidang ekonomi. Permasalahan utama terkait aplikasi pelacak lokasi adalah solusi cepat pembuatan teknologi ini akan secara permanen mengikis privasi dari sejumlah besar populasi dunia.

Sangat jelas saat ini tindakan-tindakan yang diperlukan untuk mengontrol kerusakan akibat COVID-19 akan terus berlangsung untuk jangka waktu lama. Oleh karena itu, sangat krusial dan penting bila solusi teknologi yang dibangun dengan cepat saat ini sejalan dengan regulasi privasi data dan tidak mengekspose publik pada ekploitasi di masa mendatang.

Untuk menjawab kebutuhan ini, OpenMined menyediakan kode pemrograman tanpa biaya (gratis) dan pendidikan untuk membantu komunitas yang berkecimpung di bidang teknologi dalam merespon pandemik COVID-19.

Walaupun tenaga ahli untuk membuat aplikasi sangat banyak, dan banyak developer yang mampu membangun location based analytics dalam skala yang dapat beradaptasi sesuai kebutuhan, dan berguna untuk pemantauan dan pencegahan penyebaran COVID-19, membangun aplikasi tsb disertai dengan perlindungan privasi pengguna lebih sukar dilakukan.

OpenMined menyediakan keahlian kami, kode pemrograman open-source, bahan-bahan pendidikan dan infrastruktur logistik, sehingga kami dapat membantu developer aplikasi COVID-19 untuk memaksimalkan efektivitas aplikasi mereka pada saat bersamaan juga melindungi privasi dari potensial pengguna.

Secara spesifik, OpenMined bekerja untuk:

•   Menyediakan kode pemrograman open-source tanpa biaya(gratis) untuk implementasi teknik perlindungan privasi yang diperlukan. Untuk memenuhi sebanyak mungkin persyaratan, codebase meliputi komponen individu dan aplikasi white-label.

•   Menyediakan pendidikan untuk semua developer aplikasi dan personel berwenang dalam wilayah hukum lokal yang bertanggung jawab memeriksa aplikasi tentang bagaimana suatu aplikasi seharusnya dan dibuat dengan memberikan perlindungan terhadap data masyarakat dan informasi privat yang terkandung didalamnya.

Aplikasi sangat mendesak dibutuhkan. Mengapa kita harus peduli dengan hak privasi saat ini?

Selain untuk melindungi kebebasan dan hak asasi manusia, ada dua alasan penting mengapa developer aplikasi COVID-19 perlu memperhatikan pentingnya privasi saat ini:

Alasan pertama dan paling penting adalah kepatuhan pengguna aplikasi akan menjadi salah satu tantangan utama untuk keberhasilan penyebaran aplikasi ini dalam demokrasi. Sebagai contoh; aplikasi yang melacak kontak (contact-tracing) harus mencapai sejumlah massa pengguna yang penting untuk benar-benar efektif. Kita telah melihat aplikasi-aplikasi ini sukses di gunakan di negar-negara lain dengan struktur politik yang berbeda, tetapi kita harus ingat bahwa sikap terhadap pemerintah dan privasi berbeda antar negara. Jaminan dalam penanganan data, seperti 'aplikasi ini tidak akan mengunggah data anda ke cloud', akan menumbuhkan tingkat kepercayaan yang lebih besar – dan juga kepatuhan – dari masing-masing individu. Sistem perlindungan privasi (Privacy preserving system) adalah sistem yang efektif.

Selanjutnya, lebih pada tantangan jangka menengah: jika privasi tidak di jaga dan sejumlah besar data perorangan di simpan di satu lokasi publik yang infrastrukturnya dibangun dalam waktu yang singkat, ini akan menimbulkan hal yang oleh ahli keamanan siber dikenal sebagai 'honey pot' – sejumlah besar dataset siap untuk eksploitasi. Sangatlah penting untuk diakui bahwa tidak ada software yang benar-benar aman, terutama bila di bangun dan disebarkan dalam waktu yang singkat (seperti saat pandemik).Oleh karena itu, akan jauh lebih baik mengumpulkan sedikit data pribadi – terutama saat kita mencoba secepatnya membangun prototipe aplikasi yang akan disebarkan ke sejumlah besar orang.

Kemudian, karena ini adalah keadaan pandemik global; ratusan organisasi independen dan negara akan mengimplementasikan and mengesahkan aplikasi COVID-19 versi masing-masing. Hal ini merupakan hal yang baik – aplikasi yang beragam akan meningkatkan keamanan dengan diversifikasi resiko dan menurunkan penghargaan untuk sistem yang tidak aman. Dengan menerapkan teknologi yang melindungi privasi ke aplikasi-aplikasi tersebut, kita dapat mempertahankan keuntungan sentralisasi dan pengumpulan data disertai dengan memastikan keamanan informasi yang terkumpul, sehingga kebebasan individu dapat ditegakkan.

Oke, saya sedang membuat aplikasi COVID-19 saat ini. Apa yang akan OpenMined sediakan untuk saya?

Pada umumnya pembuatan aplikasi COVID-19 menggunakan 3 jenis sumber data, antara lain: data lokasi absolut (koordinat GPS), lokasi relatif (siapa-siapa saja disekitar orang tersebut), dan data verifikasi apakah orang-orang tersebut merupakan bagian dari grup tertentu – grup dapat berupa usia, apa sudah di tes atau di vaksin, dll.

Apa yang komunitas OpenMined cari adalah:

•   Menunjukkan berbagai area dimana sumber data, dan menyediakan infrastruktur bagi developer untuk mendapatkan data-data tersebut dengan persetujuan yang benar sehingga aplikasi yang dibangun dapat seefektif mungkin membangun kepercayaan pengguna dan mendorong kepatuhan.

•   Menunjukkan bagaimana developer dapat menggunakan 3 jenis data tersebut ke level yang lebih tinggi untuk membangun aplikasi mereka disertai dengan perlindungan privasi penggunanya. Sekali lagi, adalah sangat krusial untuk memaksimalkan tingkat kepercayaan dan kepatuhan terhadap aplikasi yang dibangun, yang merupakan hal penting untuk efikasi aplikasi-aplikasi tersebut. Hal ini akan memastikan bahwa aplikasi yang dibangun tsb akan menjadi aplikasi yang sangat efektif secara berkesinambungan dan merupakan aplikasi yang melindungi privasi semaksimal mungkin.

Berikutnya, dengan menyediakan kode pemrograman open-source, kami membantu developer dalam 2 hal:

•   Developer dapat sesegera mungkin mengintegrasikan teknik perlindungan privasi ke aplikasi mereka – dimana yang sebelumnya tidak terjangkau atau memakan banyak waktu untuk mereka yang tidak ahli memprogram kode dibidang perlindungan privasi

•   Developer dapat mengakses sumber kode pemrograman, baik dalam bentuk komponen dan aplikasi penuh. Hal ini memungkinkan developer untuk menyesuaikan kode pemrograman untuk memenuhi standar medis, hukum dan keamanan yang dituntut oleh institusi dan negara masing-masing. Developer tidak terbelenggu. Dengan menyediakan baik komponen individu dan aplikasi white-label yang lengkap kepada tim dan organisasi yang membangun solusi teknologi mereka sendiri, kami dapat memberdayakan developer untuk mengimplementasikan teknik perlindungan privasi yang mereka perlukan.

Untuk diperhatikan, OpenMined tidak bertujuan untuk membangun satu aplikasi tertentu dan satu infrastruktur aplikasi tertentu. Tujuan kami adalah menurunkan hambatan untuk memulai (barrier-to-entry) sehingga developer-developer yang membangun aplikasi diseluruh dunia mempunyai ilmu dan sarana yang benar, tidak hanya membangun secepat mungkin, tetapi seefektif mungkin menurunkan kerusakan akibat penyakit dan dampak pada ekonomi.

Baiklah – dimana saya dapat memulai?

Untuk developers:

•             Baca dokumen kami  dengan saran-saran teknis, Maximising Privacy and Effectiveness in COVID-19 Apps.

•             Jika anda mempunyai pertanyaan atau membutuhkan bantuan, anda dapat bertanya di Covid-19 Technical Collaboration Slack Channel.

Github Repositori terkait:

•             Private Identity Server

•             PyDP: Python wrapper for Google's Differential Privacy project

•             COVID Alert App

•             Using the Hyperledger Aries to facilitate decentralised identity services

•             Lebih banyak lagi akan segara ada...

Untuk pejabat pemerintahan yang bertugas mengesahkan/ tidak mengesahkan aplikasi:

•             Jika anda mempunyai pertanyaan mengenai aplikasi yang anda sahkan atau pertanyaan terkait privasi pada aplikasi COVID-19, anda dapat bertanya pada kami melalui Covid-19 Technical Collaboration Channel atau email covid@openmined.org.

Untuk tenaga ahli dibidang privasi dan keamanan siber yang membutuhkan bantuan:

•             Dokumen kami dengan saran-saran teknis, Maximising Privacy and Effectiveness in COVID-19 Apps.

•             Jika anda mempunyai rekomendasi untuk menambah/mensunting blogpost ini atau ingin membantu kami, anda dapat menulis di Covid-19 Technical Collaboration Slack Channel.

Untuk donatur:

Kami perlu bergerak cepat.

Jika bukan karena waktu, OpenMined telah berada di posisi yang sangat baik untuk memberikan layanan ini kepada publik melalui komunitas relawan kami. OpenMined adalah suatu komunitas yang terdiri dari 7,300+ insinyur, peneliti, pemasar, dan peretas, didedikasikan untuk menurunkan hambatan untuk memulai private AI teknologi melalui kode pemrograman open-source dan pendidikan gratis. Saat ini, kami mempunyai 8 tim development, 6 tim komunitas, dan 2 tim peneliti dengan 100+ orang bertemu setiap minggunya.

Namun, sebagian besar insinyur kami adalah relawan yang mengerjakan proyek-proyek dengan waktu yang terbatas. Bahkan diantara relawan-relawan ini, banyak yang mengalami kejadian dalam kehidupan pribadi dan profesional (kehilangan pekerjaan, bertambahnya beban keluarga, dll). Banyak yang ingin membantu, namun tidak bisa, dan mereka yang dapat membantu, hanya dapat melakukannya dalam waktu yang terbatas.

Tidak ada seorang pun tahu kapan pandemik yang terjadi saat ini akan berakhir. Diperkirakan vaksin baru akan tersedia untuk publik dalam waktu 18-21 bulan. Perkiraan kapan masyarakat akan kembali ke kehidupan normal masih tidak jelas. Kami percaya usaha dengan menyediakan kode pemrograman open-source dan pendidikan dengan cepat dan secara langsung selama 6 bulan akan memberikan dampak yang besar pada data dan infrastruktur aplikasi COVID-19 di dunia.

Harapan kami adalah kami mampu mengubah jam kerja tim development (coding) dan edukasi (penulis) kami menjadi pekerja penuh waktu dan paru waktu untuk jangka waktu 6 bulan. Dengan menyediakan stabilitas untuk kehidupan anggota kami, mereka dapat fokus untuk menyediakan kode pemrograman dan bahan pendidikan (bagimana menggunakan sumber kode pemrograman) secepat mungkin.

Jika anda tidak mempunyai waktu untuk berkontribusi pada codebase kami, namun ingin memberikan dukungan, anda dapat menjadi Backer di Open Collective. Semua donasi digunakan untuk mendukung komunitas kami dalam menjalankan misi penting kami untuk menjadikan dunia dengan privasi yang terlindungi, hal penting terutama di saat krisis saat ini!

Donasi melalui Open Collective OpenMined